PERBANDINGAN RISIKO YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PADA PROYEK BANGUNAN HOTEL DAN PROYEK JALAN TOL

  • Kishin Edo Permula Karo Sekali Politeknik Negeri Medan
  • M. Fadel Andika Politeknik Negeri Medan
  • Kusumadi Politeknik Negeri Medan
Keywords: Risiko, identifikasi Risiko, Analisis Risiko

Abstract

Dengan adanya proyek yang sedang berjalan di balige dan parapat menimbulkan risiko berakibat tinggi bagi proyek maupun lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi faktor – faktor risiko, tingkat risiko, hingga penanganan yang akan dilakukan, terhadap faktor risiko yang dominan. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan penyebaran kuesioner di proyek Hotel  Labersa Balige dan proyek Jalan Tol Tebing Tinggi – Parapat. Masing – masing terdiri dari pihak kontraktor, manajemen konstruksi, subkontraktor, mandor dan security. Langkah yang dilakukan dengan identifikasi risiko, dan analisis risiko, yang kemudian diolah menggunakan program aplikasi SPSS V.25. Syarat data valid dan reliabel adalah nilai validitas rhitung>rtabel dan nilai cronbach’s alph >rtabel. Setelah itu, risiko akan dikategorikan berdasarkan nilai Severity Index dan untuk mengetahui tingkat risiko digunakan peta profil risiko. Berdasarkan pengolahan data, pada proyek pembangunan Hotel Labersa Balige terdapat 1 faktor risiko yang paling berpengaruh terhadap pekerjaan pembangunan dengan nilai 82,67% terhadap probabilitas dan nilai 44,00% terhadap dampak sedangkan pada proyek Jalan Tol Tebing Tinggi – Parapat terdapat terdapat 2 faktor yang paling berpengaruh terhadap pekerjaan pembangunan yang pertama dengan nilai 81,76% terhadap probabilitas dan nilai 84,71% terhadap dampak dan yang kedua dengan nilai 81,76% terhadap probabilitas dan nilai 80,00% terhadap dampak .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djojosoedarso, S. 2003. Prinsip-Prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi. Jakarta: Salemba Empat.

Kerzner, Harold Ph.. 2009. Project Management: A systems Approach To Planning, Scheduling And Controlling, Tenth Editon. New York.

PMI (Project Management Institute). 2004. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide). 3rd edition, Newtown Square, Pennsylvania, USA.

Soeharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

Soeharto, Iman. 2001. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Soemarno. 2008. Manajemen Resiko Proyek Kontruksi, Resiko dan Analisisnya.
Published
2021-03-09
How to Cite
Karo SekaliK. E. P., M. Fadel Andika, & Kusumadi. (2021). PERBANDINGAN RISIKO YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PADA PROYEK BANGUNAN HOTEL DAN PROYEK JALAN TOL. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Agregat, 1(1), 15-22. https://doi.org/10.51510/agregat.v1i1.63
Section
Articles