ANALISIS RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA PERENCANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM TEKNIK SIPIL TIPE I UNIVERSITAS SAMUDRA

Authors

  • Siti Arista Dewi Sumardiana Universitas Samudra
  • Yulina Ismida Universitas Samudra
  • Eka Mutia Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.51510/agregat.v1i2.510

Keywords:

Rencana Anggaran Biaya, Penjadwalan, Gedung Laboratorium

Abstract

Pembangunan infrastruktur di dunia pendidikan memberikan pengaruh perkembangan dari segi kenyamanan, kemudahan dalam proses pendidikan dan penelitian. Infrastruktur yang dimaksud adalah Laboratorium Program Studi Teknik Sipil Universitas Samudra, pada perencanaan pembangunan gedung ini perlu dilakukan Analisis Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk mengetahui nilai efisiensi besarnya anggaran dan peluang penyelesaian penjadwalan yang lebih efisien. Adapun tujuan artikel ini untuk menganalisis dan mengetahui besarnya anggaran biaya serta merencanakan jadwal kegiatan pekerjaan pada Perencanaan Gedung Laboratorium Teknik Sipil Tipe I Universitas Samudra. Metode yang digunakan dalam perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) menggunakan SNI 2013 dilanjutkan pembagian kegiatan pekerjaan atau pemecahan kegiatan dalam bagian yang lebih kecil dan mendetail dengan menggunakan Work Breakdown Structure sedangkan metode yang digunakan dalam penjadwalan kegiatan yakni Bar chart dan Network planning. Hasil dari analisis dan perhitungan menunjukan besarnya anggaran biaya yang dibutuhkan untuk Perencanaan Pembangunan Gedung Laboratorium Teknik Sipil Tipe I Universitas Samudra berdasarkan SNI 2013 adalah sebesar Rp. 21.262.560.000,00. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan Pembangunan Gedung Laboratorium Teknik Sipil Tipe I Universitas Samudra selama 30 minggu atau 180 hari terhitung dari bulan April sampai dengan November 2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatonah, Kurnia, Wulansari, Dwi Novi. (2017). Estimasi Anggaran Biaya Struktur Proyek Pembangunan Hotel Quad Makassar Menggunakan Metode SNI, Kajian Teknik Sipil, 2(2), 36-44.

Fachriza, Fahmi (2019). Analisis Kebutuhan Utilitas Pada Desain Laboratorium Teknik Sipil Tipe I Universitas Samudra, Skripsi, Universitas Samudra, Langsa.

Juansyah, Yan, dkk. (2017). Rekayasa, Teknologi dan Sains. Analisis Perbandingan Rencana Anggaran Biaya Bangunan Menggunakan Metode SNI dan BOW, 1(1), 1-5.

Juliana, Mohamad Kadafi, (2019). Perencanaan Dan Analisa Struktur Beton Bertulang Pada Desain Laboratorium Teknik Sipil Universitas Samudra Dengan Program Etabs, Skripsi, Universitas Samudra, Langsa.

Kautsar, T. M. A. (2014). Rencana Anggaran Biaya. Perhitungan RAB Perbandingan Metode BOW, SNI Dan Kontraktor, 136(1), 23–42.

Mahyudin, (2018). Studi Perencanaan Gedung Laboratorium Teknik Sipil Universitas Samudra, Skripsi, Universitas Samudra, Langsa.

Novel, F., Sompie, L. B. F., & Malingkas, G. Y. (2014). Perencanaan Biaya Dengan Menggunakan Perhitungan Biaya Nyata Pada Proyek Perumahan (Studi Kasus Perumahan Green Hill Residence). Jurnal Sipil Statik, 2(2), 73– 80.

Rasuna, T. Yuan, (2019). Analisa Perbandingan Rencana Anggaran Biaya Pembangunan Mall Widuri Dengan Menggunakan Metode BOW, SNI 2008 Dan AHSP 2016, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Medan.

Sastraatmadja, A. S. (1994). Analisa anggaran biaya pelaksanaan. Nova. Jakarta.

Soeharto, Iman. 1989. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional Jakarta: Erlangga.

Suyanti. (2006). Analisis Network Dalam Perencanaan dan Penjadwalan Proyek Pembangunan Perumahan Fajar Indah Permata pada PT. Fajar Bangun Raharja Surakarta, Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Sumardiana, S. A. D., Yulina Ismida, & Eka Mutia. (2021). ANALISIS RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA PERENCANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM TEKNIK SIPIL TIPE I UNIVERSITAS SAMUDRA. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Agregat, 1(2), 51–62. https://doi.org/10.51510/agregat.v1i2.510