ANALISIS PROTOTYPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA UNTUK PENERANGAN LAMPU JALAN

Authors

  • Rani Siregar Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Idris Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
  • Burhanuddin Tarigan Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Rihat Sebayang Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v3i1.705

Keywords:

Panel Surya, Solar Charge Controller, PLTS

Abstract

PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah peralatan pembangkit listrik yang mengubah cahaya matahari menjadi listrik. PLTS sering juga disebut Solar Cell, atau Solar Photovoltaic, atau Solar Energi. Dengan konsep yang sederhana yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik yang mana cahaya matahari adalah salah satu bentuk energi dari Sumber Daya Alam. Cahaya matahari sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi melalui sel surya. Sel surya ini dapat menghasilkan energi yang tidak terbatas langsung diambil dari matahari, tidak memerlukan bahan bakar. Sehingga sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan. Perkembangan era globalisasi saat ini berdampak pada kebutuhan energi listrik yang semakin meningkat sehingga sangat diperlukan sumber energi alternatif terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik saat ini. Indonesia merupakan negara yang terletak di daerah khatulistiwa, sehingga memiliki intensitas penyinaran matahari yang baik setiap tahunnya. Dalam rancang bangun ini energi surya digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Penerangan Lampu Jalan. Energi matahari yang menerpa panel surya menghasilkan arus listrik masuk ke solar charger controller yang berfungsi mengatur tegangan yang masuk ke baterai. Dari hasil pengambilan data diperoleh hasil efisiensi pengisian/pengecasan baterai 8.8 % dan efisiensi beban sebesar 96.25 % Baterai menghasilkan arus DC, sehingga arus di alirkan ke beban (lampu).

References

Julisman A.,Sara I.D., Siregar R. H. (2017). Prototype Pemanfaatan Panel Surya sebagai Sumber Energi pada Sistem Otomasi Atap Stadion Bola, diakses pada 7 September 2021, dari http://www.jurnal.unsyiah.ac.id.
Setyawan L.B. (2018). Perkembangan dan Prospek Sel Fotovoltaik Organik: Sebuah Telaah Ilmiah, diakses pada 7 September 2021, dari http://ojs.jurnaltechne.org.
Sumadi,Sulistiyanti S.R.,Setyawan FX.A. (2019). Pemanfaatan Lampu Tenaga Surya Sebagai Lampu Penerangan Jalan di Pekon Kiluan Negeri Kabupaten Tanggamus, diakses pada 29 Agustus 2021, dari https://jss.lppm.unila.ac.id.
Wahyudi. M.S. 2020. Rancang Bangun Listrik Kapasitas 450 Watt dengan Solar Cell untuk Rumah Petani Terpencil. Medan: Politeknik Negeri Medan.
Yuda I.B.P.E.P., Natsir.A., Nrartha I.M.A. (2018). Rancang Bangun Solar Charge Controller dengan Metode MPPT Berbasis Arduino Nano, diakses pada 26 Agustus 2021, dari http://eprints.unram.ac.id.

Downloads

Published

2022-04-05