ANALISIS PERFORMANSI TURBIN UAP KAPASITAS 1,95 MW DI PT PERKEBUNAN LEMBAH BHAKTI ASTRA AGRO LESTARI TBK

Authors

  • Hendrico Petrus Immanuel Sinaga Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Cahyo Trisedyo Utomo PT. Perkebunan Lembah Bhakti Astra Agro Lestari Tbk
  • Efrata Tarigan Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v3i1.703

Keywords:

Turbin uap, daya, efisiensi

Abstract

Turbin uap pada pabrik kelapa sawit merupakan sumber utama pembangkit tenaga listrik. Turbin tersebut dapat berkerja dikarenakan adanya uap yang diperoleh dari boiler. Sistem pembangkit tenaga uap merupakan suatu kebutuhan penting untuk keberlangsungan sebuah pabrik kelapa sawit dalam peroses pengolahannya. Turbin uap adalah suatu penggerak mula yang mengubah energi potensial menjadi energi kinetik dan selanjutnya diubah menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran poros turbin. Perhitungan daya dan efisiensi turbin dalam hal ini sangat diperlukan untuk mengetahui penurunan performa kinerja turbin sebagai dasar perbaikkan atau bahan dasar pertimbangan dalam pengoperasian turbin sehingga turbin dapat berkerja secara maksimal. Bahwa besar kecilnya efisiensi isentropik dipengaruhi oleh selisih dari kerja turbin tiap aliran massa uap terhadap kerja isentropik turbin, semakin kecil selisihnya makan efisiensi akan semakin besar sedangkan jika semakin besar selisihnya maka efisiensi akan semakin kecil dan jika tekanan masuk turbin, suhu masuk turbin dan suhu keluar turbin lebih kecil dari spesifikasi, maka efisiensi dan daya isentropiknya memiliki nilai lebih kecil dari spesifikasinya. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dapat diketahui bahwa efisiensi turbin uap adalah sebesar 46,745% serta daya isentropik sebesar 2972,1451kW. Bahwa laju aliran massa uap, tekanan masuk, temperatur masuk dan temperatur keluar sangat berpengaruh terhadap performansi turbin uap.

References

Andini, S. (2017), Analisa Performansi Turbin Uap Dengan Kapasitas 1000 kW Pada Pabrik Kelapa Sawit Ptpn IV Unit Usaha Pabatu, Politeknik Negeri Medan.
Boles, Michael A., & Yunus A. Cengel. (2014). Thermodynamics: An engineering 8th edition. North Carolina. United Stated of America. McGraw-Hill book.
El-wakil, M.M. (1992). Instalasi Pembangkit Daya. Jakarta. Erlangga.
Karmana, G.G. (2017). Rancangan Turbin Uap Penggerak Pompa Air Pengisi Boiler Untuk PLTU kapasitas 689 MW. Politeknik Negeri Bandung.
Pudjanarsa, A., & Djati., N. (2016). Mesin konversi Energi. Andi. Yogyakarta.
PT Perkebunan Lembah Bhakti. (2021). Dokumen Astra Agro Lestari Tbk. Aceh Singkil.
Samosir, R., Danial, K., & Eddy. (2019). Analisa Efisiensi Isentropik Turbin Uap Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM). Jurnal Teknologi Rekayasa Teknik Mesin 1, 1-7.
Shalyakin, P. (2015). Turbin Uap (Steam Turbines) Teori dan Rancangan. Jakarta. Erlangga.

Downloads

Published

2022-04-05