D. Rismawati Ms

ANALISIS SISTEM DISTRIBUSI UAP DARI WATER TUBE BOILER DENGAN KAPASITAS 45 TON/JAM

  • D. Rismawati Politeknik Negeri Medan
  • H. Ibrahim
  • J. Sutrisno
Keywords: uap, boiler, efisiensi

Abstract

 

Sistem distribusi uap sangat berpengaruh dalam proses produksi di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) sehingga penting untuk mengetahui kapasitas uap pada proses pengolahan kelapa sawit dan kapasitas uap lainnya di PKS. Alat-alat yang berhubungan dengan sistem distribusi uap yaitu boiler, turbin uap, Back Pressure Vessel (BPV) dan Pressure Reducing Valve (PRV). Boiler yang akan dianalisis kapasitas uap dan efisiensi adalah water tube boiler berbahan bakar cangkang dan tandan kosong sawit dengan kapasitas 45 ton/jam di PT Multimas Nabati Asahan. Perhitungan kapasitas uap berdasarkan desain pabrik dan efisiensi boiler dengan menggunakan metode langsung dengan pertimbangan ketersediaan instrumen ukur untuk memperoleh data yang akurat dan keterbatasan waktu dalam mengumpulkan data. Setelah dilakukan analisis data diperoleh rugi-rugi kapasitas uap dengan membandingkan hasil analisis teoritis dengan data aktual di lapangan sebesar 299,6 ton/hari, salah satu yang mempengaruhi rugi-rugi uap yaitu menurunnya efisiensi boiler, dimana diperoleh efisiensi boiler sebesar 48,61% yang berdampak pada berkurangnnya jumlah produksi uap yang dibutuhkan dalam proses produksi dan pengolahan kelapa sawit di PT Multimas Nabati Asahan.

References

Cengel, A. Yunus and Boles, A. Michael, 2008, Thermodynamics An Engineering Approach, Sixth Edition, Mc Graw-Hill, New York.
Culp, Archie W, 2016, Prinsip-Prinsip Konversi Energi (Penerjemah Darwin Sitompul), Erlangga, Jakarta.
Djokosetyardjo, M J., 2016, Ketel Uap, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.
Energy Efficiency Guide for Industry in Asia (United Nation Environment Programme), 2006, Boilers and Thermic Fluid Heaters, http://www.energyefficiencyasia.org/docs/ee_modules/Boilers_and_Thermic FluidHeaters.pdf diakses pada tanggal 11 Juli 2020.
Muin, Syamsir A., 2016, Pesawat-Pesawat Konversi Energi I (Ketel Uap), CV. Rajawali, Jakarta.
Naibaho, P.M., 2016, Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit, Pusat Penelitian Kelapa Sawit, Medan.
Pelawi, Novalia, 2019, Laporan PKL PT. Multimas Nabati Asahan (Wilmar Grup), Universitas Sumatera Utara, Medan.
Pranaseta, Dewanda Dwi dan Tsamroh Dewi Izzatus, Prinsip Kerja dan Jenis Ketel Uap, Universitas Negeri Malang, Malang.
Samosir, Christine Noviani, 2015, Analisis Distribusi Uap pada Proses Pengolahan Kelapa Sawit dan Optimasi Boiler dengan Tekanan Kerja 21 kg/cm2 di Pabrik Kelapa Sawit, Politeknik Negeri Medan, Medan.
Sinaga G. Yemima M., 2015, Analisis Sistem Distribusi Uap dengan Kapasitas 20 Ton/Jam pada Proses Pengolahan Kelapa Sawit dan di PKS Pagar Merbau, Politeknik Negeri Medan, Medan.
Tambunan, iskandar, 2016, Analisis Efisiensi Water Tube Boiler Kapasitas 200 Ton/Jam dan Tekanan 84 Bar di PT Toba Pulp Lestari Tbk, Politeknik Negeri Medan, Medan.
Published
2021-02-08