Rancang Bangun Alat Pengupas Kuaci Berbasis Arduino

  • Marliana Sari Politeknik Negeri Medan
Keywords: Kuaci Globalisasi Efisien Manufaktur Dibetes Kolesterol

Abstract

Perkembangan teknologi sangat pesat terutama pada industri manufaktur. Di era globalisasi seperti sekarang dengan perkembangan teknologi yang sudah ada pada saat ini, manusia selalu berusaha untuk melakukan inovasi-inovasi baru agar pekerjaan manusia menjadi lebih efisien dan dapat digunakan oleh banyak orang. Namun di era globalisasi saat ini, belum banyak alat pengupas kulit Kuaci yang dapat disajikan secara langsung. Alat ini dirancang untuk membantu mengupas kulit Kuaci untuk anak-anak dan orang tua agar dapat menikmati Kuaci   sehingga proses lebih cepat dan banyak sehingga dapat menikmati Kuaci lebih banyak dan tidak termakan kulit kuaci. Dari hasil observasi yang dilakukan terhadap penikmat kuaci, disini diambil sampel dari yang sedang mamakan  kuaci mereka menikmati kuaci lebih kurang kisaran 15 menit sampai 30 menit per bungkus.. Dari hasil observasi tersebut   penikmat kuaci membeli 3 bungkus kuaci maka akan menghabiskan waktu 1 sampai 1 ½ jam untuk memakan kuaci maka dalam hal waktu ini dianggap waktu yg terbuang untuk memakan kuaci. Dilihat dari hasil observasi tersebut waktu mengupas kuaci tidak sebanding dengan kepuasan saat menikmati kuaci yang didapat sehingga hal ini mengakibatkan sedikitnya penikmat kuaci pada saat ini. Padahal dengan memakan kuaci sangatla bermanfaat untuk kesehatan tubuh contohnya Menurunkan kadar kolesterol darah, Baik untuk penderita diabetes, Antikanker, Meningkatkan kesehatan otak dan lain lain sehingga kemampuan mengupas dengan waktu di atas tidak sebanding dengan kepuasan yang didapat, hal ini membuat konsumsi kuacin pada saat ini sangat sedikit hal ini dikarenakan pekerjaan memakan kuaci dianggap membuang waktu padahal dengan memakan Kuaci   ini sangat  bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti menurunkan kadar kolesterol darah, baik untuk penderita diabetes, Antikanker, dan Meningkatkan kesehatan otak dan lain-lain

Untuk itu dirancanglah suatu alat yang dapat membantu mengupas kulit Kuaci   dengan lebih cepat sehingga semua kalangan dapat menikmati Kuaci   dengan mudah.

References

[1] Andrianto, H. & Darmawan, A. (2017). Arduino Belajar Cepat Dan Pemrograman.
Bandung: Informatika.
[2] Djalal, Muhammad Ruswandi, Et Al. "Desain Optimal Kontroler PID Motor DC Menggunakan Cuckoo Search Algorithm." SENTIA 2015 7.1 (2015).
[3] Finkenzeller, K., 2003. Diterjemahkan Oleh Rachel Waddington, Buku Pegangan RFID: Dasar-Dasar Dan Aplikasi Dalam Kartu Pintar Tanpa Kontak Dan Identifikasi.
[4] Harja, Indra. "Pengertian Buzzer." (2012).
[5] Hidayati, Q. (2012). Pengaturan Kecepatan Motor DC Dengan Menggunakan Mikrokontroler Atmega 8535. Balikpapan: Politeknik Negeri Balikpapan
[6] Hudaya,C. (2019, Maret 2). Pengertian Motor DC. Retrieved From Website Staff UI: Staff.Ui.Ac.Id/System/Files/Users/Chairul.Hudaya/Material/Makalahmotordc.Doc
[7] Kadir . From Zero To A Pro Arduino, 2019.
[8] Kho, Dickson. "Pengertian Relay Dan Fungsinya." Teknik Elektronika, Maret (2015).
[9] Mau, Roy. "Pengenalan Teknologi RFID." IEEE Pervasive Computing 5.1 (2006).
[10] Nasirwan., Safril Dan Adril., Elvis. 2007. “Rancang Bangun Mesin Pengupas Dan Pemisah Kulit Kacang Kedelai”. Politeknik Negeri Padang.
[11] Ramadhani, S. T. (2019). PANNACOTTA BIJI BUNGA MATAHARI (Helianthus Annuus L) BAGI VEGETARIAN. Home Economics Journal.
[12] Sonawan, H. 2014. Perancangan Elemen Mesin. Bandung: Alfabeta, CV
[13] Sutabri, Tata. 2012. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
[14] Teknik Elektronika. 2017. Pengertian Relay Dan Prinsip Kerjanya. Http://Teknikelektronika.Com/Pengertian-Relay-Fungsi-Relay.
[15] Wikipedia. (2019, Februari 28). Arduino. Retrieved From Wikipedia: Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Arduino
Published
2021-06-07
Section
Articles