Implementasi Sistem Informasi Manajemen Berbasis Sistem Pengolahan Data dan Nilai Siswa untuk Efektifitas Layanan Sekolah

Authors

  • meryatul husna Politeknik Negeri Medan
  • Lamtiur Sinambela Politeknik Negeri Medan
  • Maharani Putri Politeknik Negeri Medan

Keywords:

basis data, siswa, aplikasi pengolahan data, sekolah, nilai

Abstract

Dalam Era Global saat ini Sistem Informasi Manajemen merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu organisasi dimana sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.sistem manajemen basis data merupakan perangkat lunak yang dapat di gunakan untuk mendefinisikan, menciptakan, mengelola dan mengendalikan pengaksesan basis data. Sebuah Sistem Informasi yang efektif menyediakan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan bagi penggunanya sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Beberapa sekolah baik sekolah negeri maupun swasta termasuk Sekolah Methodist 12 Medan, masih menggunakan pengelolaan data secara manual baik data siswa, data guru bahkan data pengolahan nilai siswa, padahal data yang harus dikelola jumlahnya sangat banyak. Pengelolaan data yang baik sangat dibutuhkan demi menjamin bahwa data-data tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan informasi yang akurat. Dalam pelaksanaan IT di Sekolah Methodist – 12 Medan,  tidak  ada aplikasi yang memudahkan pengelolaan data sekolah, yaitu data pegawai atau guru, data nilai dan lain sebaganya, kemudian masih kurangnya optimalisasi pencarian terhadap siswa tertentu bahkan belum digunakannya perangkat lunak aplikasi untuk menampilkan data dan rekapitulasi data nilai yang dibutuhkan dalam pembuatan laporan bulanan. Hal ini tentu sangat tidak tepat dalam proses kerja terkhusus di pihak sekolah.  Perlu dilakukan peningkatan dalam pengelolaan data di Sekolah Methodist 12 Medan, sehingga dapat melancarkan kinerja guru maupun pegawai. Oleh karena itu perlu dilakukan program atau kegiatan pelatihan penggunaan prangkat lunak aplikasi pengelolaan data sekolah berbasis Aplikasi.

In the current Global Era, Management Information Systems are an inseparable part of an organization. Information systems produce outputs using inputs and various processes needed to fulfill specific objectives in management activity. This software can be used to define, create, manage and control database access. An effective information system provides accurate, timely, and relevant information for its users so that it can be used for decision-making. Some schools, both public and private schools, including the Methodist 12 Medan School, still use manual data management, both student data, teacher data, and even student score processing data, even though the data that must be managed is extensive. Good data management is needed to ensure that the data can be used to produce accurate information. In the implementation of IT at the Methodist School – 12 Medan, there is no application that facilitates the management of school data, namely employee or teacher data, value data, and so on, then there is still a lack of optimization of searches for certain students, and even application software has not been used to display data and recapitulation value data needed in making monthly reports. This is certainly not very appropriate in the work process, especially at the school. It is necessary to improve data management at the Methodist 12 Medan School so that it can launch the performance of teachers and employees. Therefore, it is necessary to conduct training programs or activities on the use of Application-based school data management application software.

Downloads

Published

2022-03-13

How to Cite

husna, meryatul, Sinambela, L. ., & Putri, M. . (2022). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Berbasis Sistem Pengolahan Data dan Nilai Siswa untuk Efektifitas Layanan Sekolah . Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 3(1), 19–25. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/725