Pelatihan Aplikasi Pencatatan Transaksi Keuangan Berbasis Android Pada Umkm Terdampak Covid-19

Authors

  • sulistya rini pratiwi universitas borneo tarakan
  • Mulyadi Universitas Borneo Tarakan
  • Rika Wahyuni Arsianti Universitas Borneo Tarakan

Keywords:

Usaha Mikro, Tranksasi Keuangan, Android, Siapik

Abstract

Sektor usaha yang tangguh harus didukung dengan pencatatan keuangan yang memadai, namun mayoritas pelaku usaha mikro belum memiliki tata kelola administrasi maupun laporan keuangan yang memadai. Belum tersedianya pencatatan keuangan yang memadai menjadi hambatan bagi para pelaku UMKM. Mitra pada usulan ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menegah yang berada di Kota Tarakan. Kegiatan yang diusulkan pada PKM ini adalah pelatihan daring menyusun pencatatan transaksi keuangan yang baku selama pandemi COVID-19. Pelatihan pembuatan laporan keuangan ini memanfaatkan aplikasi pada smartphone berbasis android. Dengan diterapkannya prosedur yang sesuai anjuran pemerintah dalam physical distancing dapat mencegah penyebaran virus dan usaha tetap dapat berjalan. Hasil pelatihan dan pendampingan pelaporan keuangan melalui aplikasi berbasis android ini berjalan dengan baik, serta terjadi peningkatan pemahaman mengenai pengetahuan dasar pencatatan keuangan dan peningkatan pemahaman mengenai pengoperasian aplikasi keuangan berbasis android.

References

Agustina, Y., Setianingsih, S., & Santoso, Y. D. (2019). Pelatihan Penyusunan Laporan Keungan Bagi Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah Bidang Usaha Dagang pada UMKM Binaan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia. Intervensi Komunitas, 1(1), 1-13.
BPS. (2021). Pertumbuhan PDB Indonesia 2020. Badan Pusat Statistik.
Diana, R. (2019). Analisis Aksesibilitas Permodalan Usaha Mikro Kecil Pada Lembaga Keuangan Formal Di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 27(1), 67-80.
Fauzi, H. (2020). Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Pelaku Umkm Sebagai Upaya Penguatan Umkm Jabar Juara Naik Kelas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 247-255.
Hadi, D. P. (2015). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pada Usaha Kecil Dan Menengah Berbasis Sumber Daya Lokal Dalam Rangka Millenium Development Goals 2015 ( Studi Kasus Di Pnpm-Mp Kabupaten Kendal ). Jurnal Ilmiah CIVIS, V(1), 725-736.
Febriyanto, D., Soegiono, L., & Kristanto, A. (2019). Pemanfaatan Informasi Keuangan Dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 9(2), 147-160.
Kementerian Keuangan RI. (2020). Media Briefing: Program Pemulihan Ekonomi Nasional. Jakarta: Kementerian Keuangan RI.
Manoppo, W., & Pelleng, A. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Teknik Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 6-9.
Margie, L., Afridayani, Cahyani, Y., & Khotimatus, S. (2020). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Emkm Melalui SI APIK. Jurnal LOKABMAS Kreatif, 1 (2), 41-46.
Pratiwi, M. I. (2020). DAMPAK COVID-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Ners, 4(2), 30-39.
Rinandiyana, L., Kusnandar, D., & Rosyadi, A. (t.thn.). Pemanfaatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android (Siapik) Untuk Meningkatkan Administrasi Keuangan UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1), 309-316.
Setyaningrum, F., & Yunista, M. (2018). Strategi Laporan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal OPTIMA, 2(2), 14-23.
Tanan, C., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173-185.

Downloads

Published

2022-01-16

How to Cite

pratiwi, sulistya rini, Mulyadi, & Arsianti, R. W. (2022). Pelatihan Aplikasi Pencatatan Transaksi Keuangan Berbasis Android Pada Umkm Terdampak Covid-19 . Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 2(2), 46–55. Retrieved from http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/469