PENGEMBANGAN UMKM BAKSO MELALUI TEKNOLOGI TEPAT GUNA DI KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Ida Nurhayati Politeknik Negeri Jakarta
  • Nining Latianingsih Politeknik Negeri Jakarta
  • Anis Rosyidah Politeknik Negeri Jakarta
  • Yogi Widiawati Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

covid 19, UMKM, teknologi tepat guna

Abstract

Usaha bakso di desa Tegal, khusunya adalah sebuah industri kecil dalam skala rumah tangga yang sudah memasyarakat. Pandemi virus Corona tidak hanya berdampak pada masalah kesehatan, virus yang dikenal sebagai Covid-19 ini telah menimbulkan masalah di sektor lainnya seperti sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus Corona telah membuat pelaku UMKM di Indonesia mulai menurun. Studi menyebutkan jika Covid-19 membuat Indonesia mengalami penurunan persentase pertumbuhan ekonomi sebesar 0.1% di tahun 2020. Di desa Tegal ini, usaha bakso yang diolah dengan peralatan yang sudah mengenal teknologi, meskipun masih sederhana, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, sehingga akan menaikkan pendapatan. Usaha bakso ini sangat diminati warga desa Tegal, namun dengan keterbatasan keterampilan, modal, dan keahlian lainnya, maka melalui kegiatan pelatihan, pendampingan pembuatan bakso, pengemasan, pemasaran secara online, dan pembukuan usaha diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masayarakat di masa pendemi covid19 ini. Metode dilakukan pelatihan dan praktik oleh ahli dan berpengalaman, yang diikuti oleh warga desa Tegal yang berminat menjadi penghasil dan penjual bakso. Hasilnya mereka dapat berwirausaha berjualan bakso, baik secara matang dan frozen  di masa pandemi covid19 ini. Dengan demikian penjadi peluang usaha bagi warga meskipun kondisi pandemi covid 19, sekaligus sebagai bentuk peluang dalam peningkatan pendapatan dan kesempatan untuk membuka usaha.       

References

Amri, Andi. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia.Jurnal Brand. Vol 2 No. 1. Universitas Hasanudin
Bahtiar, Agil, R dan Juli Panglima Saragih. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis. Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik. Pusat Penelitian Bidang Keahlian DPR RI.
Crismawan, Buyung. A. 2020. Pengaruh Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Universitas Muhammadiyah. Malang.
Hardilawati, Laura. W. 2020. Strategi Bertahan UMKM Di Tengan Pandemi COVID-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika. Universitas Muhammadiyah Riau. Vol. 10 No. 1.
Pakpahan, Kristian, A. 2020. COVID-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Parahyangan.
Sugiri, Dani. 2020. Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dari Dampak Pandemi Covid-19. Artikel. Fokus Bisnis. Vol. 19 No. 1
Sumayyah, Nafisatu. 2020. Virus Corono Di Kalangan Bisnis Kecil. LP2M UIN Raden Patah. Palembang.
Tim Yanmas. 2020. Dampak Awal Pandemi Covid-19 Tehadap UMKM. Tim YANMAS DPKM- UGM. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-01-21

How to Cite

Ida Nurhayati, Nining Latianingsih, Anis Rosyidah, & Yogi Widiawati. (2021). PENGEMBANGAN UMKM BAKSO MELALUI TEKNOLOGI TEPAT GUNA DI KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 1(2), 7–12. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/198