PKM IKAN PINDANG AL-BAROKAH DESA INDRA YAMAN, KECAMATAN TALAWI, KABUPATEN BATU BARA

PKM Ikan Pindang Al-Barokah Desa Indra Yaman, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara

Authors

  • Harris Nasution Polmed
  • Febrin Aulia Batubara Politeknik Negeri Medan
  • Ika Mary Pasaribu Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Ikan Pindang, Penyimpanan, Box Freezer

Abstract

Ikan yang telah diolah menjadi ikan pindang biasanya memiliki daya tahan yang cukup lama. Namun apabila ikan tersebut disimpan dengan kondisi baik sehingga mutu ikan akan terjaga. Oleh karena itu suhu ruangan tempat penyimpanan ikan pindang perlu dicermati sebelum melakukan penyimpanan. Ruang yang paling ideal bagi penyimpanan ikan pindang yang berlemak sebaiknya disimpan dalam ruangan yang mempunyai suhu 5oC – 15oC dan daya simpan ikan-ikan pindang akan lama.

Saat ini kendala produksi utama yang dihadapi adalah gudang penyimpanan untuk bahan baku maupun produk jadi. Kondisi sekarang tempat penyimpanan ikan sementara yang dimiliki hanya 1 unit freezer rumah tangga biasa model standing  sehingga untuk proses penyimpanan ikan sementara dari selesai produksi tidak muat di kulkas karena kapasitasnya hanya untuk 100 liter saja selebihnya di letakkan di fiber boks.

Tim pengabdian bermaksud memberikan bantuan bagi usaha ikan pindang Al-Barokah meningkatkan kapasitas produksi dengan memberikan batuan mesin box freezer serta memberikan pelatihan arti pentingnya gudang dalam proses produksi kepada mitra.

References

Irawan, A. 1995. Pengolahan Hasil Pertanian. Home Industri. Usaha Perikanan dan Mengkomersilkan Hasil Sampingannya. Penerbit Aneka. Solo.
Kasmir. 2010. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Pemerintah Indonesia. (2008). Undang – Undang no.2 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Lembaran RI Tahun 2008, No. 4866. Sekretariat Negara. Jakarta.
Pandit, I.G.S. 2004. Teknologi Penanganan dan Pengolahan Ikan. Penerbit. PT. Bali Post. Denpasar.
Sumber Internet :
https://bisnisukm.com/teknologi-pengawetan-ikan-dengan-cara-emindangan.html, diakses pada tanggal 17 september 2020.
Wahyono, A. 2012. “Penanganan Ikan di Atas Kapal,” http:// www. scribd. com/doc/82372123/penanganan-ikan-di-atas, diakses pada tanggal 26 september 2020.

Downloads

Published

2021-01-21

How to Cite

Nasution, H., Batubara, F. A. ., & Pasaribu, I. M. (2021). PKM IKAN PINDANG AL-BAROKAH DESA INDRA YAMAN, KECAMATAN TALAWI, KABUPATEN BATU BARA: PKM Ikan Pindang Al-Barokah Desa Indra Yaman, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 1(2), 1–6. Retrieved from http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/177