PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA CABIN/BELLTENT THE KALDERA TOBA NOMADIC ESCAPE (TOBA SAMOSIR)

Authors

  • Santi Jesica Sembiring Politeknik Negeri Medan
  • Hedona Ivana Tampubolon Politeknik Negeri Medan
  • Jumjuma Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.859

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Setiap perusahaan dan badan usaha lainnya yang menjual produk dan jasa memiliki tujuan untuk memberikan kepuasan bagi pelanggannya. Dengan adanya kualitas pelayanan, fasilitas dan harga yang baik didalam suatu perusahaan akan menciptakan kepuasan bagi para pelanggan yang menggunakan suatu produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan yang menginap pada Cabin/Belltent The Kaldera Toba Nomadic Escape secara parsial dan simultan. Terdapat 100 responden dengan teknik pengumpulan data penyebaran kuesioner dengan metode skala likert. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas dan harga secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung > ttabel. Nilai ttabel = 1,660, thitung kualitas pelayanan sebesar 2,148, fasilitas sebesar 3,221 dan harga sebesar 3,362. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menandakan bahwa dari keseluruhan variabel mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan nilai sebesar fhitung > ftabel 17,864 > 2,31 dan keseluruhan variabel kualitas pelayanan, fasilitas dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 51,5% dan sisanya 48,5% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

05-01-2023