PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI OVO

Main Article Content

Santi Johana Sibuea
Dolores Oktavianthy
Agus Edy Rangkuti

Abstract

ABSTRAK
Saat ini, Indonesia mengalami perkembangan financial technology yang sangat pesat dan membawa dampak bagi berbagai aspek kehidupan. Segala sesuatu dituntut untuk serba cepat bahkan sistem pembayaran menjadi efisien dan efektif dengan adanya e-money. Salah satu e-money yang banyak digunakan adalah OVO. Adanya kemudahan dan manfaat yang dirasakan mendukung para pengguna agar melakukan transaksi secara online daripada transaksi dengan uang cash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat produk terhadap minat penggunaan secara parsial dan simultan. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan dengan jumlah sampel 93 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner.



Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan pada mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara simultan persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan. Nilai Adjusted R Square 0,508 berarti 50,8% faktor-faktor minat penggunaan dapat dijelaskan oleh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat. Sedangkan sisanya sebesar 49,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

Section
Administrasi Niaga