PENGARUH KREATIVITAS DAN PENGGUNAAN MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MEDAN

Main Article Content

Monika Pangaribuan
Jhon Sihar Manurung
Ngalemisa Br Barus

Abstract

ABSTRAK
Kewirausahaan merupakan nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan mengembangkan usaha. Minat berwirausaha tidak akan muncul begitu saja, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat seseorang untuk berwirausaha diantaranya yaitu kreativitas. Selain itu, dengan perkembangan teknologi yang ada, tersedia berbagai marketplace yang dapat digunakan sebagai tempat jual beli barang secara Online, salah satu marketplace yang sedang popular di Indonesia adalah aplikasi marketplace Shopee. Penelitian ini dilakukan unuk menganalisis pengaruh kreativitas dan penggunaan marketplace Shopee terhadap minat berwirausaha mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan. Jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 93 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji regresi
untuk Kreativitas (X1), penggunaan Marketplace Shopee (X2), berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (Y). Dari hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa kreativitas dan penggunaan marketplace Shopee mempengaruhi minat berwirausaha sebesar 61.7% dan sisanya 38.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

Section
Administrasi Niaga