PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE, EFIKASI DIRI, DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP ENTREPRENEURIAL INTENTION

Main Article Content

Leonita Situmorang
Amira Alfaiq Agma
Edi Putra Berutu

Abstract

ABSTRAK
Persaingan para lulusan perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan saat ini tidaklah mudah. Pasar tenaga kerja tidak dapat menyerap seluruh pencari kerja karena lapangan pekerjaan yang terbatas. Wirausaha diyakini sebagai salah satu solusi dari masalah keterbatasan lapangan pekerjaan dan perguruan tinggi diharapkan menjadi motor penggerak tumbuhnya intensi berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai bagaimana pengaruh penggunaan e-commerce, efikasi diri dan ekspektasi pendapatan terhadap entrepreneurial intention pada mahasiswa jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 93 orang.
Teknik analisis data yang digunakan ialah regresi linier berganda dengan bantuan alat statistik SPSS versi 25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-commerce, efikasi diri, dan ekspektasi pendapatan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap entrepreneurial intention pada mahasiswa Jurusan
Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan. Didapatkan hasil uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,340 yang berarti bahwa 34% entrepreneurial intention (intensi berwirausaha)mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga dipengaruhi oleh penggunaan e-commerce, efikasi diri dan ekspektasi pendapatan, dan sebesar 66% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

Section
Administrasi Niaga