PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PESERTA EVENT KULIAH WHATSAPP NESTLE BATITA

Main Article Content

Pirdaun Lubis
Esther Margaretha
Nursiah Fitri

Abstract

ABSTRAK
Loyalitas konsumen merupakan hal penting bagi sebuah perusahaan. Melalui loyalitas konsumen perusahaan akan mendapatkan repeat order secara teratur dari pelanggan. Loyalitas dipengaruhi oleh beberapa variabel diantaranya strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran merupakan salah satu faktor penting dalam mempertahankan loyalitas. CV Matakail Communication, sebagai perusahaan penyedia jasa event sangatlah tergantung pada pelanggan atau klien yang menggunakan jasanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan pada event kuliah WhatsApp Nestle Batita. Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta event kuliah WhatsApp Nestle Batita, sebanyak 120 peserta. Jumlah Sampel yang digunakan adalah 120 orang responden yang pernah mengikuti kegiatan event. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta. Koefisien determinasi sebesar 0,861, yang berarti bahwa dari variabel strategi komunikasi pemasaran mampu menjelaskan variabel loyalitas peserta sebesar 86,1% dan sisanya 13,9% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

Section
Administrasi Niaga