ANALISA LAPORAN KEUANGAN BANK MILIK PEMERINTAH DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020 Anggreani 1 , Elsa 2 , E.Sitepu 3

Main Article Content

Anggreani
Elsa
E.Sitepu

Abstract

ABSTRAK
DER, ROA, CAR, LDR dan EPS merupakan rasio yang digunakan dalam menganalisis perubahan harga saham di perusahaan termasuk bank milik pemerintah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh DER, ROA, CAR, LDR dan EPS terhadap harga saham. Jenis data yang digunakan adalah sekunder. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 4 perusahaan. Pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 4 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah Analisis Regresi Berganda dengan Uji T, Uji F, dan Koefesien Determinasi (R2).



Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel DER memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham, variabel ROA tidak berpengaruh signifikansi terhadap harga saham, variabel CAR tidak berpengaruh signifikansi terhadap harga saham, variabel LDR tidak berpengaruh signifikansi terhadap harga saham dan variabel EPS memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan variabel DER, ROA, CAR, LDR dan EPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada Bank Milik Pemerintah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil uji koefesien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R-Square sebesar 0,517 hal ini berarti 51,7% variabel dependen dijelaskan oleh variabel independen, sisanya 48,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

Section
Administrasi Niaga