PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MUZZAKI PADA INISIATIF ZAKAT INDONESIA PERWAKILAN SUMUT

Main Article Content

M. Azmi Awaluddin
Muslim Marpaung
Marlya Fatira

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini tentang “Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Muzzaki pada Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Sumut”. Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh variabel kepercayaan dan kualitas pelayanan dalam menentukan loyalitas
muzzaki pada inisiatif zakat indonesia perwakilan sumut. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui signifikan atau tidak masing-masing variabel kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas muzzaki pada inisiatif zakat indonesia perwakilan sumut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sumber data penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Sumber penelitian ini adalah kuisioner yang diperoleh dari muzzaki pada inisiatif zakat indonesia. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 91 muzzaki. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai data primer kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji simultan (F), uji determinasi, dan uji parsial (t) dengan tingkat signifikan sebesar 5 persen (α=0,05) yang diolah dengan bantuan alat SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas muzzaki pada inisiatif zakat indonesia perwakilan sumut yang dilihat melalui uji statistik F dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.

Article Details

Section
Akuntansi