ANALISIS KINERJA USAHA WIRAUSAHAWAN MAHASISWA MUSLIM DI TINJAU DARI PERILAKU WIRAUSAHA DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA MUSLIM DI POLITEKNIK NEGERI MEDAN)

Main Article Content

Annisa Wahdania Pohan
Marlya Fatira
Ismi Affandi

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis kinerja usaha wirausahawan mahasiswa muslim di tinjau dari perilaku wirausaha dan literasi keuangan syariah (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Di Politeknik Negeri Medan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kombinasi (mixed methods) model urutan penemuan
analisis kuantitatif dan kualitatif (Sequantial Explanatory). Objek penelitian yang digunakan yaitu wirausahawan mahasiswa muslim Politeknik Negeri Medan dengan jumlah sampel sebanyak 191 responden dengan menggunakan kuisioner dan wawancara sebagai alat pengumpul data. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel perilaku wirausaha dan literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap kinerja usaha wirausahawan mahasiswa muslim di Politeknik Negeri Medan. Data kuantitatif tersebut didukung dengan hasil wawancara kepada 2 responden wirausawan mahasiswa muslim yang gagal dalam wirausahanya, kemudian 2 wirasuahawan mahasiswa muslim yang berhasil dalam wirausahanya. Dengan demikian data kualitatif ini memperkuat data kuantitatif dan memperluas data kuantitatif yaitu dengan menambahkan faktorfaktor lain yang mempengaruhi kinerja usaha wirausahawan mahasiswa muslim di Politeknik Negeri Medan.

Article Details

Section
Akuntansi